Editor & Reviewer Jurnal Sosiologi Andalas (JSA) dan Departemen Sosiologi FISIP Universitas Andalas

Pada hari Sabtu, tanggal 07 September 2024 bertempat di Gedung Aula PascaSarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Kampus Jati Padang. Redaksi Jurnal Sosiologi Andalas (JSA) dan Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas telah melaksanakan kegiatan workshop pelatihan Reviewer dan Editor. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kompetensi para Reviewer dan Editor yang terlibat dalam publikasi jurnal ilmiah, serta untuk memperkuat jaringan dan kolaborasi antar jurnal di lingkungan FISIP Universitas Andalas.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai peserta, termasuk perwakilan dari masing-masing departemen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta mahasiswa dari jurusan Sosiologi. Setiap departemen diwajibkan mengutus dua perwakilan sebagai peserta, sehingga menciptakan keragaman perspektif dan pengalaman di dalam workshop ini.

Acara dibuka dan diresmikan oleh Ketua Departemen Sosiologi, Bapak Dr. Indraddin, M.Si. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapan agar kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan FISIP Universitas Andalas, khususnya di Departemen Sosiologi. Beliau juga menekankan pentingnya peran Reviewer dan Editor dalam menjaga mutu dan integritas ilmiah, serta menyampaikan harapannya agar Jurnal Sosiologi Andalas JSA dapat meningkat dari peringkat SINTA 3 menjadi SINTA 2.

Selanjutnya, Editor in Chief JSA, Bapak Prof. Dr. Afrizal, M.A., memberikan sambutan yang penuh semangat. Beliau menjelaskan bahwa Jurnal Sosiologi Andalas (JSA) telah menunjukkan perkembangan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. beliau meminta dukungan penuh dari seluruh pihak, baik Departemen, Fakultas, maupun Universitas, untuk meningkatkan kualitas Jurnal Sosiologi Andalas (JSA) melalui pelatihan seperti ini dan juga dalam bentuk dukungan finansial. Beliau menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara Reviewer dan Editor dalam upaya meningkatkan kualitas jurnal.

Editor In Chief, Bapak Prof. Dr. Afrizal, M.A menyampaikan dalam sambutan berikutnya bahwa Jurnal Sosiologi Andalas (JSA) mengalami peningkatan yang pesat dan berharap mendapatkan dukungan dari Departemen, Fakultas, maupun Universitas, baik melalui kegiatan ini maupun dukungan dalam bentuk dana. Selain itu, beliau juga berharap seluruh Reviewer dan Editor Jurnal Sosiologi Andalas (JSA) mampu meningkatkan kualitas atau kemampuan telaah literatur sesuai dengan aturan dari kemendikbudristek melalui SINTA.

Acara ini dihadiri oleh peserta utusan dari seluruh jurnal yang berada di bawah departemen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Setiap departemen wajib mengutus dua utusan sebagai peserta kegiatan, di antaranya Billy Febrima Putra, S.IP, M.IP dari departemen Ilmu Politik FISIP, Zahran Mabrukah Tomimi, S.AP, M.AP dari Departemen Administrasi Publik FISIP, Mishbah El Yaser, M.I.Kom dari departemen Ilmu KomunikasiFISIP dan lain - lain. Selain itu, ada juga peserta mahasiswa dari jurusan sosiologi semester 7 seperti saudara syukron dan saudari bunga.

Dari jajaran pejabat struktural, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Departemen Sosiologi, Bapak Dr. Indraddin, M.Si. lalu ada Ketua Prodi S1 Sosiologi, Ibu Dr. Maihasni, M.Si dan Ketua Prodi S3 Sosiologi Prof. Dr. Afrizal. M.A, serta Guru besar Prof. Dr. Damsar, MA. selain itu juga dihadiri oleh Sekretaris Deparetemn Ibu Indah Sari Rahmaini, S.Sos, M.A dan Sekretaris Jurnal Sosiologi Andalas (JSA) Ibu Zeni Eka Putri, S.Sos, MA.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Bapak Ikhwan Arief, ST, M.Sc. Beliau bertindak sebagai managing editor DOAJ. Materi yang beliau sampaikan adalah tentang telaah jurnal melalui editor dan reviewer berdasarkan aturan - aturan terbaru dari asesor SINTA dan Kemendikbudristek beliau juga menyampaikan soal posisi Jurnal Sosiologi Andalas (JSA) saat ini serta tips - tips yang harus dilakukan agar jsa naik peringkat dari SINTA 3 ke SINTA 2.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, baik dari peserta kepada materi maupun diskusi antar peserta. selain kehadiran luring acara ini diselenggarakan secara daring atau hybrid. selanjutnya diakhiri dengan sesi dokumentasi.

Redaksi Jurnal Sosiologi Andalas (JSA)
Departemen Sosiologi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Andalas
Tanggal: 07 September 2024
Tempat: Gedung Aula Pascasarjana FISIP Kampus Jati, Padang