Selamat kepada Jurusan Sosiologi yang terpilih sebagai Jurusan Berprestasi dan Mahasiswa Beprestasi atas nama Intan Putri Riswandi

pada Dies Natalis FISIP yang ke-29. 

Terpilihnya Jurusan Sosiologi sebagai Jurusan Berprestasi tidak lepas dari komitmen sosiologi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa, solidaritas sesama kolega, hingga prestasi pada aspek internal maupun eksternal kampus. 

Begitupun dengan Intan, Mahasiswa sosiologi angkatan 2019 yang telah menoreh berbagai prestasi baik pada bidang akademik maupun non akademik, pengalaman organisasi, hingga kegiatan volunteer dalam meningkatkan kompetensi serta pengetahuan. 

sekali lagi kami ucapkan selamat kepada Sosiologi, semoga semakin mampu memberikan pelayanan terbaik. 

Spadi Sosiologi!

Wednesday, 11 May 2022 11:55

Draf Pedoman Penulisan Tesis

Ujian tengah semester ganjil berlangsung perdana secara luring khusus untuk angkatan 2020 dan 2021 pada hari Senin 4 April 2022. Peserta diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan menggunakan masker. Ini adalah ujian offline pertama setelah adanya kebijakan perkuliahan daring karena pandemi Covid-19.

 
Mahasiswa sangat antusias untuk mengikuti ujian luring, khususnya angkatan 2020 dan 2021 yang memang menjadi angkatan full daring semasa perkuliahan. Hal ini juga menjadi momentum untuk mahasiswa yang memang belum pernah untuk ujian luring selama semester berjalan. Alternatif ujian diganti dengan tugas take home ataupun penggunaan aplikasi media conference seperti zoom, googlemeet, dan lain sebagainya. 
 
Sementara itu, mahasiswa aktif lainnya tetap melaksanakan ujian daring. Kebijakan ini dibuat dengan alasan agar mengurangi keramaian di kampus. 

 

Jurusan Sosiologi telah melaksanakan kegiatan Roadshow Sosiologi pada tanggal 7 Februari 2022 ke dua SMA Negeri 7 dan SMA Negeri 15 Medan. Kegiatan tersebut ditujukan untuk mempromosikan jurusan sosiologi ke pulau Sumatera dan sekitarnya.

Kegiatan dilaksanakan secara paralel di dua sekolah untuk bisa memperluas waktu dan kegiatan roadshow dengan tim dosen yang berbeda. Acara tersebut diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara, dilanjutkan dengan materi yang disampaikan terkait dengan profil Jurusan Sosiologi FISIP UNAND. Jurusan Sosiologi FISIP UNAND berkomitmen untuk memperluas kesempatan kepada mahasiswa yang berasal dari luar daerah.

Materi diawali dengan pemutaran video Universitas dan Jurusan, lalu penyampaian profil Jurusan Sosiologi oleh Prof Afrizal. Materi yang dihadirkan diantaranya adalah visi jurusan, tenaga pendidik, kiprah alumni, serta kegiatan kemahasiswaan. Materi yang disajikan juga memperlihatkan banyaknya alumni sosiologi yang berasal dari luar Sumatera Barat serta alumni Sosiologi yang lulus CPNS beberapa tahun terakhir. 

“Kita harap siswa mendapat pandangan baru mengenai pemilihan jurusan untuk SNMPTN karena waktunya tinggal 2 minggu lagi dengan datangnya Jurusan Sosiologi UNAND ke sekolah kita” ujar Wakil Kesiswaan SMA Negeri 7 Medan.

Kegiatan Roadshow berlangsung dengan sangat antusias dilihat dari banyaknya siswa yang tertarik untuk melakukan tanya jawab dengan pemateri. Pertanyaan yang muncul baik seputar Jurusan Sosiologi hingga program Fastrack (S1 menuju S2 Sosiologi dalam waktu 5 tahun). Siswa juga diberikan dengan brosur serta stiker Jurusan Sosiologi untuk informasi lebih lanjut tentang profil sosiologi.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cendramata kepada wakil kesiswaan serta foto bersama.

Universitas Andalas memberikan penghargaan bertajuk "Anugrah Universitas Andalas 2021" pada 13 Desember 2021. Salah Satu dosen sosiologi Prof. Dr. Afrizal, MA mendapatkan penghargaan berupa peringkat I kategori dosen terproduktif publikasi artikel ilmiah sosial dan humaniora. Kriteria ini berbasis skor v2 Sinta tertinggi berbasis web sinta 3 tahun terakhir yakni tahun 2019-2021 berdasarkan jumlah artikel terindeks scopus dan terakreditasi, serta sitasi scopus dan google scholar.

Selamat kepada Prof. Afrizal, MA. Semoga memacu prokdutivitas civitas akademika lainnya di Jurusan Sosiologi. (*)

Jurusan sosiologi mengucapkan selamat dan sukses untuk para alumni yang sudah berhasil lulus tes CPNS tahun 2021. Semoga menjadi PNS yang amanah dalam menjalankan tugas.

No

Nama

Angkatan

                     Instansi

1

Rahma Diyen

2005

Pemprov Sumatera Barat

2

Juli Ishaq

2008

Pemprov Sumatera Barat

3

Alfi Syahrin

2010

Pemprov Sumatera Barat

4

Rilma Defi Lestari Zebua

2014

Pemprov Sumatera Barat

5

Bianca Rachel

2016

Kemendagri

6

Mustipal

2006

Pemkab Pesisir Selatan

7

Mutia Darman

2016

Pemkab Pesisir Selatan

8

Fadil Abdurahman

2015

Pemkab Kabupaten 50 Kota

9

Nurhadi

2014

Pemkab Pasaman Barat

10

Indah Sari Rahmaini

2014

Universitas Andalas

11

Casiavera

2010

Universitas Maritim Raja Ali Haji

12

Yusfajar Pikma

2014

Pemprov Bangka Belitung

 

Tuesday, 11 May 2021 14:14

Penerimaan Mahasiswa Fast-Track S1-S2

Bagi mahasiswa sosiologi yang berminat untuk mengikuti fast track S1-S2, silahkan mendaftar dengan persyaratan:

Mahasiswa S1 angkatan 2018

IPK minimal 3,25

Sudah mengambil 120 SKS

Mendapatkan persetujuan PA dan Ketua Jurusan

 

Pendaftaran dimulai pada 12 April-30 April 2021.

Info lebih lanjut, silahkan hubungi tendik Jurusan Sosiologi

Padang, 10/03/2021. Sejatinya buku, “Berkayuh Biduk Melawan Arus” karya Guru Besar Sosiologi Agama FISIP UNAND Prof.Bustanuddin Agus pada awalnya disiapkan sebagai kado menjelang purna bakti saat memasuki usia 70 tahun. Mujur tak dapat diraih dan malang tak dapat ditolak, sepekan usai purnabakti, Bustanudin Agus wafat pada 9 September 2018.

Kendati demikian, proses pembuatan dan peluncuran buku menjadi terlambat dari rencana awal. Akan tetapi, berkat dukungan keluarga Prof.Bustanuddin Agus dan Jurusan Sosiologi, akhirnya buku ini dapat diselesaikan dan acara peluncuran buku secara offline dan online via zoom meeting yang digagas oleh Jurusan Sosiologi FISIP Universitas Andalas dan dibuka oleh Rektor Universitas Andalas, yakni Prof. Dr. Yuliandri, MH, Selasa (9/3).

“Bustanuddin Agus, Berkayuh Biduk Melawan Arus” yang diterbitkan terdiri atas enam bab meliputi kisah hidup, di mata keluarga, di mata sahabat kolega dan mahasiswa, telaah pemikiran, kata-kata bijak, dan karya yang dihasilkan. juga dilakukan pemutaran dua video yaitu Kisah Hidup BA dalam Kenangan yang memuat kenangan perjalanan hidup almarhum dalam foto-foto mulai dari masa kecil sampai menutup usia. Selain itu juga diputar video tentang “Apa Kata Mereka tentang Bustanudin Agus?” yang berisi testimoni baik dari sahabat, kolega, dan mahasiswa, “ ujar Dr. Elfitra, didampingi Dr. Indraddin, M.Si, Zuldesni, S.Sos, M.A, dan Zeni Eka Putri, S.Sos, M.Si selaku editor buku “Bustanuddin Agus, Berkayuh Biduk Melawan Arus”.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan bedah buku, tampil sebagai pembahas yakni Dr. Zaiyardam Zubir, M.Hum yang menelaah tentang Bustanuddin Agus yang eksis di tengah-tengah gempuran illmuan Sekuler. Kegiatan itu dilengkapi dengan pembacaan teks biografi oleh Zuldesni, S.Sos, MA. Penghujung peluncuran buku juga ditandai penyerahan simbolis buku Bustantanudin Agus dari editor ke berbagai lembaga dan keluarga, kemudian ditutup dengan pemberian doorprize buku Bustanudin Agus kepada sepuluh orang peserta yang beruntung. (ZEP)

Friday, 11 August 2017 16:19

Selamat Datang TIM Assesor BAN-PT

Pada tanggal 10 Agustus 2017, Fakultas Ilmu Sosial Politik Mendapat Kunjungan dari TIM BAN-PT dalam akredetasi Program Pendidikan Ilmu Politik, tim assesor BAN-PT terdiri dari 2 orang, Dr. Edi Santoso,SU dan Dr.Ardian Saptawan, MSi, 

Tim Asseor di terima langsung oleh Dekan Fakultas FISIP beserta Jajaran Pimpinan Fakultas , dan juga di hadiri oleh dosen ilmu politik, ketua lembaga LPPM Unand, Ketua LPTIK Unand, 

Setelah melalui tahapan asesmen lapangan ini, pengelola Fakultas dan Prodi memiliki harapan agar Prodi S1 Ilmu Politik Fakultas FISIP  Universitas Andalas,  memperoleh predikat akreditas yang memuaskan.

Wednesday, 09 August 2017 11:57

Survey Kepuasan Wisudawan FISIP Unand

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa calon wisuda  periode 3 program pendidikan sarjana (S1) dan Program Pendidikan Magister (S2), untuk mengisi survey pada link berikut di bawah ini, dan sangat di harapkan kepada mahasiswa calon wisuda periode 3, untuk mengisi form survey secara lengkap yang berguna untuk perkembangan Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Andalas atas partisipasi nya kami ucapakan terima kasih.

DTO

WD I

 

Dr. Aidinil Zetra , MA

 

Survey Kepuasan Wisudawan FISIP Unand

https://www.surveymonkey.com/r/XZMH68H