Seminar Nasional 2 FISIP Telah Dibuka Secara Resmi oleh Wagub Sumbar

Seminar Nasional FISIP Unand yang ke-2 tahun 2016, yang bertema Penguatan Ilmu Sosial dan Humaniora untuk Perbaikan Karakter Bangsa Indonesia, telah dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Sumbar, Drs. Nasrul Abit. Prosesi pembukaan dilakukan pada acara Jamuan Makan Malam Bersama Gubernur Sumbar pada hari Selasa Malam, 27 September 2016 di Kantor Gubernur Sumatera Barat.

Selain panitia dan peserta seminar, hadir pada acara tersebut, Wagub Sumbar, Drs. Nasrul Abit, Wakil Rektor 1 Unand, Prof. Dr. Dachrianus, A.Pt, Dekan FISIP, Dr. Alfan Miko, M.Si dan tamu undangan lainnya. Acara seminar sendiri akan diadakan pada hari tanggal 28 - 29 September 2016, di Hotel Bumi Minang, Jl. Bundo Kanduang Padang.

Sebelum acara pembukaan dimulai, terlebih dahulu diawali dengan makan malam bersama di Aula Gubernur Sumbar. Setelah itu baru dilanjutkan dengan prosesi pembukaan seminar, yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh salah seorang mahasiswa jurusan Ilmu Politik FISIP Unand. Selanjutnya berturut-turut kata sambutan yang disampaikan oleh Dekan FISIP, Dr. Alfan Miko, M.Si, Rektor Unand yang diwakili oleh WR 1,  Prof. Dr. Dachrianus, A.Pt, dan terakhir sambutan Gubernur yang disampaikan oleh wakilnya, Bapak Drs. Nasrul Abit.

Dalam sambutannya, Dekan FISIP, yang sekaligus mewakili ketua panitia, Dr. Asrinaldi, M.Si, menyampaikan bahwasanya kegiatan seminar ini merupakan rangkaian dari Dies Natalis FISIP yang ke-23. Selain beliau menambahkan bawsanya seminar kali ini diikuti oleh 106 orang peserta dari berbagai propinsi yang ada di Indonesia. Selain itu beliau juga menghimbau kepada para peserta, disamping kegiatan seminar, untuk menikmati keindahan alam Sumatera Barat dengan mengunjungi berbagai tempat wisata, seperti Kawasan Mande, Kampus Unand, Bukittinggi dan Kelok Sembilan.

Terpisah Wagub Sumbar, Drs. Nasrul Abit, menyampaikan bahwasanya keberadaan ilmu sosial dan budaya di Indonesia sangat berperan besar dalam membentuk karakter masyarakat. "Bidang sosial budaya merupakan salah satu dari 3 pilar pembangunan Pemerintah Propinsi Sumatera Barat, disamping pembangunan bidang pemerintahan, dan bidang ekonomi. Oleh karena itu kami sangat berharap FISIP Unand bisa terus berperan dalam pengembangan dan pembangunan bidang sosial dan budaya masyarakat Sumatera Barat." ujarnya lagi.

Setelah  menyampaikan kata sambutannya, wagub secara resmi membuka Seminar Nasional ke-2 FISIP Unand tahun 2016. Setelah itu acara pembukaan ditutup dengan do'a yang dipimpin oleh Andi Saputra, S.Kom, M.Kom, Koordinator ICT FISIP.

Secara keseluruhan acara berlangsung dengan sangat meriah, suguhan tari tradisional Minangkabau yang ditampilkan oleh Grup tari Sofyani, sangat menghibur para hadirin. Selain tari pasambahan, yang jamak dilakukan untuk membuka acara-acara resmi, disela-sela kata sambutan, grup tari Sofyani juga menampilkan Tari Payuang. Terakhir acara ditutup dengan suguhan Tari Piring.