Andi Saputra Tenaga Administrasi Akademik Berprestasi Unand 2016

Dalam pengelolaan pendidikan tinggi terdapat 3 (tiga) unsur utama yaitu Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Peserta Didik. Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi. Tenaga Kependidikan bertugas mengelola, mengembangkan, mengawasi administrasi, dan pelayan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan. Peserta didik pada tingkat perguruan tinggi adalah mahasiswa.

Dalam rangka meningkatkan kompetensi akademik, Dirjen Dikti sebagai instansi induk perguruan tinggi setiap tahun mengadakan pemilihan Pendidik, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa berprestasi. Pemilihan diawali untuk tingkat perguruan tinggi. Selanjutnya akan dipilih 15 peserta terbaik untuk dilombakan di tingkat nasional.andi saputraPemilihan untuk tingkat Unand sudah selesai dilaksanakan pada akhir agustus yang lalu. Puncaknya pada saat penganugerahan pemenang untuk masing-masing kategori yang diserahkan oleh rektor Unand, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA, dalam acara Sidang Terbuka Dies Natalis ke-60 (Lustrum XII) Unand pada hari Selasa, 13 September 2016 yang lalu, di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis.

Wakil FISIP berhasil menjadi pemenang untuk kategori Tenaga Administrasi Akademik Berprestasi, yang diraih oleh Andi Saputra, S.Kom, M.Kom. Gelar ini merupakan yang ke-2 kalinya diraihnya setelah tahun 2015 yang lalu juga meraih juara 1 untuk kategori yang sama. Pada kesempatan yang sama, putra kelahiran Saniangbaka Kab. Solok ini juga menerima penghargaan Unand Award, dengan menjadi pemenang ke-3 untuk kategori Tenaga Kependidikan Berprestasi di Bidang Pelayanan dan Keterampilan.

Sesaat setelah acara pengaunugerahan, Andi Saputra mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur pimpinan FISIP dan rekan-rekan kerja di FISIP Unand. Beliau menyatakan bahwa "Anugerah saya persembahkan untuk keluarga besar FISIP, karena semua ini terwujud atas dukungan dan kepercayaan dari unsur pimpinan dan kerjasama yang baik dari kawan-kawan yang ada di FISIP. Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi bagi kawan-kawan yang lain untuk berbuat lebih baik lagi di masa yang akan datang."